INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Memasuki tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau telah memiliki komoditas handalan yakni bibit kelapa unggulan dari varietas kelapa pasang surut yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

"Kita telah memiliki bibit kelapa unggul dan sudah terkenal di daerah hingga ke luar Inhil. Bibit unggul ini sudah dipatenkan dengan nama bibit kelapa Sri Gemilang," kata Wardan di tembilahan, Senin.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Kabupaten Inhil yang terkenal dengan julukan Negeri hamparan kelapa dunia dibawah kepemimpinan Bupati Muhammad Wardan terlihat sangat mempertahankan tanaman kelapa sebagai komoditas andalah di daerah itu.

Ditambah lagi dengan telah diluncurkannya varietas kelapa pasang surut semakin menjadi primadona dan telag banyak dipesan para petani di daerah-daerah di luar Inhil. Lebih lanjut ia mengatakan, bibit kelapa unggul ini hanya ada di Kabupaten Inhil dan tidak terdapat di daerah lainnya.

Bibit kelapa ini merupakan bibit kelapa terpilih melalui penelitian yang telah dilakukan berulang-ulang dan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan bibit kelapa lainnya, sehingga menarik minat petani dari luar Inhil untuk memesan dan menanam di daerah mereka.

"Dengan memiliki berbagai macam keunggulan yang dimilikinya, Bibit kelapa unggul ini banyak dipesan oleh petani luar Inhil. Selanjutnya kita akan terus lakukan pengembangan terhadap bibit unggul asli Inhil ini," ujarnya.

Peluncuran varietas kelapa pasang surut daerah Kabupaten Inhil telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan melalui sidang pelepasan varietas yang dilaksanakan di Lampung, pada Oktober 2016 lalu.

Bibit kelapa Sri Gemilang merupakan satu-satunya spesifikasi baru kelapa yang tumbuh di daerah pasang surut Indonesia dengan berbagai keunggulan. Pelepasan bibit kelapa unggul ini telah dimulai dengan proses dan penelitian sejak lima tahun yang lalu.

Dalam kegiatan penelitian, Dinas Perkebunan Inhil bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) Manado dan secara terus menerus melakukan evaluasi.

"Pemerintah Inhil melalui Dinas Perkebunan (Disbun) berencana akan kembali mengusulkan peluncuran satu varietas unggulan lagi berupa komoditas tanaman Sagu yang diambil dari jenis sagu yang tidak berduri," terangnya.(hil01)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.