INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Bupati Inhil H Muhammad Wardan didampingi oleh Ketua TP PKK Inhil Zulaikhah Wardan membuka secara resmi Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Inhil tahun 2017,Rabu (17/5/17) di gedung Engku Kelana Tembilahan. 

Dalam ajang adu ketangkasan memasak para kader Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan se - Kabupaten Inhil ini, tampak hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid Keanekaragaman Pangan Hendri Kumar, unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, para pejabat eselon di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Inhil dan para Camat se - Kabupaten Inhil. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Inhil Fajar Husein selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengungkapkan, Lomba Cipta Menu B2SA yang digelar berfungsi sebagai media penyebarluasan informasi dan pengetahuan tentang pangan yang beragam dan bergizi kepada kaum ibu di Kabupaten Inhil. 

"Fungsi lainnya adalah sebagai sarana mensosialisasikan potensi sumber daya pangan lokal agar masyarakat mengkonsumsi makanan yang berasal dari pangan lokal," ungkapnya. 

Dikatakan, Lomba Cipta Menu B2SA juga akan memberikan manfaat positif dalam memberikan informasi tentang pentingnya mengonsumsi pangan bergizi dan seimbang yang berasal dari sumber daya lokal. 

"Tentunya, yang tidak kalah penting adalah membangun budaya keluarga mengonsumsi keanekaragaman pangan dengan kandungan gizi yang seimbang di Kabupaten Inhil," ujarnya. 

Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Zulaikhah Wardan mengatakan, kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kabupaten Inhil Ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh TP PKK. 

"Tahun 2015, Kabupaten Inhil menjadi delegasi Provinsi Riau di tingkat Nasional untuk lomba serupa. Alhamdulillah, waktu itu berhasil meraih juara 1. Sedangkan, tahun 2016, TP PKK Kabupaten Inhil meraih juara 3 di tingkat nasional. Tentunya, ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan," pungkasbya. 

Penyelenggaraan Lomba Cipta Menu B2SA ini sebuah upaya untuk meraih prestasi yang pernah ditorehkan oleh TP PKK Kabupaten Inhil beberapa tahun silam. 

"Kami sudah berupaya membina dan melaksanakan lomba serupa hingga tingkat Desa dan Kelurahan guna mewujudkan impian menjadi juara kembali dalam ajang lomba Cipta Menu pada tataran Nasional," tukasnya. 

Dalam Lomba Cipta Menu B2SA, komposisi bahan masakan harus menggunakan bahan pokok lokal dan harus mampu memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang sesuai dengan standar yang berlaku umum. 

"Ini tidak mudah, harus terukur sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Karena, dalam pemenuhan gizi, masing - masing kebutuhan gizi berbeda berdasarkan usia," jelasnya. 

Selanjutnya, TP PKK bertugas mensosialisasikan jenis - jenis menu makanan B2SA dan dalam menciptakan menu makanan B2SA, perlu praktik yang berulang-ulang dilakukan. 

Bupati Inhil HM Wardan pada arahannya, menyebutkan Lomba Cipta Menu B2SA merupakan program Nasional dan sudah dimulai sejak 3 tahun lalu. 

"Kemarin, tahun 2015, Kabupaten Inhil mengutus tim yang berasal dari Kecamatan Pelangiran. Dalam even Lomba Cipta Menu di Provinsi Riau, sebelumnya tim tersebut mesti memahami terlebih dahulu apa saja yang menjadi kriteria penilaian dewan juri untuk menjadi pemenang. Dengan jerih payah, akhirnya tim utusan tersebut berhasil menjadi delegasi ke tingkat Nasional," ujar Bupati Wardan mengawali cerita raihan prestasi TP PKK Kabupaten Inhil. 

Pada tingkat Nasional, Wardan melanjutkan, tim delegasi yang mulanya berasal dari Kecamatan Pelangiran tersebut juga berhasil menunjukkan performa maksimal dengan meraih predikat sebagai juara 1 pada ajang yang cukup prestisius di kalangan kaum ibu tersebut. 

"Melalui lomba kali ini dan dibekali oleh pengalaman menjadi juara yang ada, diharapkan kita (Kabupaten Inhil, red) bisa kembali berjaya hingga pada tataran Nasional," kata Bupati Wardan. 

Kepada TP PKK Kabupaten Inhil, Wardan berharap, agar dapat melakukan pembinaan secara intensif kepada para kader TP PKK di tingkat Kecamatan hingga tingkat Desa. 

"Bahkan, salah satu langkah atau upaya yang juga bisa dilakukan adalah dengan mendatangkan dokter ahli gizi untuk memberikan pemahaman kepada para kader TP PKK itu, agar takaran gizi yang terkandung di dalam menu makanan yang dibuat, sesuai dengan standar menu makanan B2SA," harap Bupati Wardan. 

Usai pembukaan, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Zulaikha Wardan melakukan peninjauan display terhadap sajian menu makanan B2SA yang telah diolah oleh para kader TP PKK yang berasal dari 20 Kecamatan se - Kabupaten Inhil.(hil05)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.