INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H Muhammad Wardan mengapresiasi dan mendukung Gerakan Hidup Masyarakat Sehat (Germas) dan cek kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Ahad (30/4/17) di lapangan Gajah Mada Tembilahan. 

Acara yang juga dihadiri oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, baik pada tingkat Kabupaten Inhil maupun Provinsi Riau ini, diawali dengan jalan santai dilanjutkan dengan cek kesehatan, minum jamu serta donor darah. Selain itu, digelar juga deteksi dini kanker serviks dan payudara melalui pemeriksaan IVA (inspeksi visual asam asetat) dan pemeriksaan payudara secara klinis (sadanis). 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menjelaskan, Germas merupakan Gerakan Nasional yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) didukung dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017. 

"Germas dicanangkan ke seluruh masyarakat di Riau. Lewat Germas diharapkan masyarakat bisa hidup lebih sehat dan harus rutin mengecek kesehatan secara berkala," sebut Andi Rachman. 

Andi juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan Gerakan Nasional Minum Jamu. Minuman tradisional Nusantara ini merupakan minuman kesehatan yang bisa membuat badan lebih bugar. 

"Minuman tradisional ini harus kita lestarikan. Minum jamu badan kita bisa lebih bugar. Justru meminum minuman yang manis-manis bisa berefek negatif untuk kesehatan. Jadi jamu ini jangan ditinggalkan," tuturnya. 

Sementara itu, Bupati Kabupaten Inhil H Muhammad Wardan mengatakan, Germas harus menjadi budaya masyarakat yang dilakukan dengan kesadaran penuh untuk peningkatan kualitas hidup. 

"Ini harus didukung oleh semua pihak. Makanya tadi kita ada MoU dengan dinas terkait di Inhil, untuk mendukung Germas secara nyata," katanya. 

Khusus untuk IVA tes, kata Bupati Wardan, diberlakukan cek kesehatan bagi wanita usia 30 tahun ke atas atau sudah berkeluarga. Gerakan IVA tes ini merupakan program pemerintah pusat. 

"Program IVA tes ini dilakukan berkolaborasi dengan tim pengerak PKK dari Provinsi sampai ke Kabupaten dan kota dengan tenaga kesehatan yang sudah terlatih," ujarnya. 

Berdasarkan data, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dra Hj Mimi Yuliani Nazir Apt MM mengatakan, dari IVA tes yang pernah dilakukan Dinkes Riau, sudah ada yang sejumlah wanita yang positif mengidap kanker leher rahim. Karena itu, Dinas Kesehatan Riau, meminta kepada kaum ibu untuk mengecek kesehatan IVA tes di masing-masing Puskesmas. 

"IVA tes sudah tersedia di seluruh Puskesmas dan pemeriksaannya dilakukan secara gratis. Kita harapkan ibu-ibu mau memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat. Bila positif, nanti akan dirujuk untuk dilakukan penanganan selanjutnya," tukasnya.(hil05)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.