INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir Huhammad Wardan membuka penyelenggaraan pawai takbir Idul Fitri 1438 Hijriyah (H) bertajuk 'Ketupat Lebaran Keberkahan Negeri Hamparan Kelapa Dunia' yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Tembilahan, Sabtu (24/6/17) malam. 

Pada pembukaan pawai takbir Idul Fitri 1438 Hijriyah ini, turut hadir pula unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, seperti Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Dani M Nursalam, Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung dan beberapa perwakilan lainnya. Selain itu, hadir mendampingi Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan pejabat eselon di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Inhil. Bupati Inhil Buka Pawai Takbir Idul Fitri 1438 H Bertajuk 'Ketupat Lebaran Keberkahan Negeri Hamparan Kelapa Dunia' 

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Ketua panitia pawai takbir idul fitri 1438 Hijriyah, H Masdar, dalam laporannya mengatakan, pawai takbir idul fitri tahun ini akan melewati beberapa ruas jalan pada kawasan Tembilahan, dimulai dari jalan arteri Jenderal Sudirman dan berakhir di Jalan Telaga Biru. 

Masdar mengatakan, setidaknya terdapat 15.000 ribu peserta yang terdiri dari 3 kategori pawai takbir, yakni kategori SMP dan SMA Sederajat, kategori Mesjid, Organisasi Kemasyarakatan dan simpatisan, serta kategori Instansi. 

"Pada setiap kategori, masing - masing terbagi beberapa kelompok peserta pawai, diantaranya 10 kelompok untuk kategori SMP dan SMA Sederajat, 23 kelompok kategori Mesjid, Organisasi Kemasyarakatan dan simpatisan serta 27 kelompok instansi," papar Masdar seraya mengatakan pembiayaan penyelenggaraan pawai takbir idul fitri 1438 hijriyah ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Inhil. 

Sementara itu, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan dalam sambutannya mengatakan, tujuan penyelenggaraan pawai takbir ini tidak lain adalah dalam rangka memyambut hari kemenangan bagi seluruh umat Islam di dunia setelah berjuang melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan. 

"Puasa sudah ditunaikan dan amalan lain telah kita laksanakan. Malam ini adalah malam yang penuh kegembiraan dan kebersamaan karena kita sedang menyambut hari kemenangan dengan mengumandangkan takbir bersama - sama," ujar Bupati. 

Idul Fitri, dikatakan Bupati Wardan, merupakan momentum bagi seluruh ula muslim untuk saling bermaaf - maafan, mempererat silahturrahmi serta memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama. 

Ihwal tema yang diusung pada pawai takbir Idul Fitri kali ini, dikatakan Bupati Wardan, sangat relevan dengan kondisi Kabupaten Inhil yang kaya akan potensi dari sektor perkebunan kelapa. 

Dalam sambutan yang diberikan, Bupati Wardan juga sekaligus menyampaikan informasi tentang rencana penyelenggaraan Festival Kelapa Dunia yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 September tahun 2017 mendatang kepada segenap masyarakat yang hadir. 

"Festival tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kelapa se - dunia yang akan diikuti oleh sekitar 18 negara penghasil kelapa. Ini merupakan momentum bagi kita semua untuk dapat mengembangkan bahkan memajukan sektor perkelapaan guna memperkokoh identitas kita sebagai daerah hamparan perkebunan kelapa terluas di Dunia," pungkas Bupati. 

Lebih lanjut, Bupati Wardan berharap, agar momentum festival kelapa se - dunia ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses demi mewujudkan visi bersama Kabupaten Inhil menjadi Kabupaten yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat. 

Selanjutnya, atas penyelenggaraan pawai takbir Idul Fitri ini, Bupati Wardan mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang dinilai telah bekerja keras untuk mempersiapkan even setahun sekali yang begitu semarak ini. 

"Karena tahap persiapan yang begitu berat, Saya berpesan kepada masyarakat agar dapat menyaksikan pawai takbir dengan baik, tertib serta selalu menjaga kebersihan sehingga pawai takbir Idul Fitri tahun ini dapat berjalan dengan lancar sampai akhir," imbaunya. 

Terakhir, Bupati Wardan dalam sambutannya, tidak lupa mengucapkan kalimat maaf dihadapan puluhan ribu hadirin masyarakat yang tumpah - ruah memadati lokasi pembukaan pawai takbir. 

"Sebelum pawai takbir Idul Fitri ini resmi dibuka dan dimulai, saya mengucapkan Minal Aidin Wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Inhil," ucap Wardan.(hil06)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.