INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Kebiasaan mendonorkan darah di kalangan masyarakat harus ditumbuhkan, dalam upaya membantu sesama yang membutuhkan darah. 

Pernyataan ini dikemukakan Bupati Inhil H Muhammad Wardan saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV Palang Merah Indonesia (PMI), Senin (21/8/17) di Gedung Puri Cendana Tembilahan. 

"Pemkab Inhil memberikan apresiasi atas berbagai aksi kemanusiaan yang dijalankan PMI selama ini," ungkap Wardan. 

Dijelaskan, selama ini keberadaan PMI bukan hanya urusan donor darah saja, tapi juga melakukan tugas kemanusiaan lainnya, seperti membantu saat terjadi bencana dan pembinaan relawan. 

Dalam upaya menjamin ketersediaan stok darah di markas PMI, maka segenap lapisan masyarakat harus digerakkan budaya gemar donor darah. 

"Maka, kebiasaan mendonorkan darah di kalangan masyarakat harus digalakkan, terutama kalangan karyawan perusahaan dan instansi pemerintah," harapnya. Tindakan ini sangat membantu ketersediaan stok darah bagi masyarakat lainnya yang membutuhkan. 

Sekretaris PMI Provinsi Riau diwakili Rina Ramli menyebutkan, sebagai organisasi kemanusiaan, maka PMI bergerak cepat dan tepat saat ada yang membutuhkan pertolongan. 

"PMI harus bergerak cepat dan tepat, saat ada yang membutuhkan pertolongan. Muskab ini harus menghasilkan program-program kemanusiaan yang lebih baik kedepannya," pesannya. 

Sedangkan Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan mengatakan, tujuan PMI adalah meringankan penderitaan sesama manusia yang disebabkan oleh bencana maupun hal lainnya tanpa memandang suku, agama, dan golongan. Pergerakan PMI merupakan pengamalan dari Pancasila yaitu sila ke 2 yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab. 

PMI Inhil berdiri sejak tahun 2005 telah melaksanakan kegiatan di berbagai bidang. Zulaikhah memaparkan kegiatan pokok PMI Inhil terbagi dalam 4 bidang. 

"Yaitu bidang pengembangan organisasi dan sumber daya manusia, bidang penanggulangan bencana, bidang sosial kesehatan masyarakat dan transfusi darah, serta bidang kerjasama", terangnya. 

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian laporan pertanggung jawaban pengurus PMI Kabupaten Inhil tahun 2015-Juli 2017 oleh ketua PMI Inhil. 

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada relawan donor darah yang telah 10 kali dan 25 kali menyumbangkan darahnya.(hil08)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.