INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN HULU - Bupati Indragiri Hilir H Muhammad Wardan melepas pompong hias yang ikut dalam iven Festival Sungai Indragiri yang ditaja oleh Pemerintah dan masyarakat Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (21/9/17). 

Lomba pompong hias ini diikuti sebanyak 25 pompong yang berasal dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Tembilahan Hulu dan perwakilan Kecamatan Concong. Puluhan pompong yang dihiasi dengan ornamen bernuansakan religi dan tanaman kelapa yang ini menarik perhatian masyarakat saat berlayar di Sungai Indragiri. 

Wardan menyampaikan, sangat bangga dan mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu yang mampu menggelar iven wisata tahunan yang sudah berjalan di tahun keempat pada tahun 2017 ini. 

"Kegiatan seperti ini mengangkat potensi wisata yang ada di daerah ini dan harus dikembangkan sehingga menjadi iven wisata Provinsi Riau," ungkap Wardan saat membuka dan melepas puluhan pompong hias tersebut. 

Festival ini merupakan upaya yang awalnya digagas oleh Pemerintah Desa Sungai Intan yang ingin menggali potensi wisata lokal dengan mengangkat kearifan lokal dalam menyambut pergantian tahun baru Islam setiap bulan Muharram. 

Kepala Desa Sungai Intan, Ahmad Effendi mengatakan awalnya festival ini hanya diikuti oleh masyarakat tingkat RT, yang kemudian disambut baik oleh desa-desa lainnya. 

"Tahun kedua, festival ini sudah menjadi iven kecamatan yang diikuti oleh desa-desa lain. Tahun ketiga dan keempat lalu Pemerintah Kabupaten memberikan perhatian serius dengan mengangkat ini sebagai iven wisata kabupaten Inhil," kata Ahmad. 

Ia serta Camat Tembilahan Hulu, M Nazar sangat berterima kasih atas perhatian lebih yang diberikan oleh Wardan atas wisata lokal bercorak agamis ini. 

"Kita sangat berterima kasih kepada Pak Bupati atas perhatian yang diberikan atas festival yang sejak dulu kita impikan menjadi iven wisata daerah yang mampu dibanggakan," ujar Camat Tembilahan M Nazar..(hil09)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.