INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Bupati Inhil H Muhammad Wardan menjadi khatib shalat Idul Adha 1438 H di Masjid Agung Al Huda Tembilahan, Jum'at (1/9/17). 

Tampak hadir dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid kebanggaan masyarakat Inhil ini, Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Ahmad Hijazi, Ketua Muslimat Nahdatul Ulama Hj Zulaikhah Wardan dan para pejabat Pemkab Inhil. 

Bupati Wardan membuka khutbahnya dengan membacakan sebuah kisah nyata tentang sebuah keluarga yang tidak mampu, namun memiliki tekad dan mampu berkurban. 

"Ini menunjukkan kepada kita semua bahwa untuk mampu berkurban itu tidak harus kaya, tapi memerlukan kesungguhan dan keimanan," ungkapnya. 

Ironisnya, berapa banyak mereka yang mampu dan memiliki harta yang banyak, bahkan harga telepon selulernya lebih mahal dari seekor kambing kurban, namun mereka tidak mau berkurban. 

"Maka, berkurban itu memerlukan kesungguhan, karena banyak mereka yang mampu berkurban tetapi tidak mau berkurban," jelasnya. 

Untuk itu, diingatkannya sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi "Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami"

"Idul Adha ini hendaklah harus menjadi sumber motivasi dan semangat selalu berkorban untuk sesama. Juga kita harus menyadari setiap saat untuk menyembelih nafsu kebinatangan yang selalu mendorong manusia kepada perbuatan maksiat," pesannya. 

Sebelum pelaksanaan shalat Idul Adha, dibacakan para pemenang Pawai Takbiran dengan tema 'Membumikan Kurban di Negeri Hamparan Kelapa Dunia'. 

Yakni kategori Instansi, Juara I Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Juara II Kementerian Agama, Juara III Dinas Kesehatan Inhil. Kategori Masjid/Mushalla/Ormas, Juara I Masjid Al Muawanah, Juara II Masjid Raudhatul Jannah, Juara III Surau Baituddin 

Dan kelompok SMP/MTs sederajat, Juara I SMPN 1 Tembilahan Hulu, Juara II SMPN 2 Tembilahan Hulu, Juara III MTsN Tembilahan. Kelompok SMA/MAN sederajat Juara I MAN Tembilahan, Juara II SMAN 1 Tembilahan Hulu, Juara III SMAN 1 Tembilahan. 

Usai pelaksanan shalat Id, Bupati menyerahkan seekor sapi kurban kepada panitia kurban Masjid Agung Al Huda Tembilahan.(hil09)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.