INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau anugrahi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sebagai pelopor integritas dan transparansi informasi publik di Provinsi Riau. 

Namun karena Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman berhalangan hadir, anugerah dari KI ini diserahkan kepada Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. 

"Sejatinya langsung diterima pak Gubernur. Namun karena ada acar mendadak ke Bengkalis, maka diwakilkan melalui pak Wagub," kata Ketua KI Provinsi Riau, Jupra Irwan, Kamis (7/12/17). 

http://www.inhil.riaucitizen.com/
Selain Gubernur Riau, kepala daerah lannya yang mendapatkan anugrah dari KI Award 2017 ini, yakni Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan. Bupati negeri seribu parit ini dianugerahi sebagai pelopor keterbukaan informasi publik pemerintah desa. 

Namun sama karena berhalangan hadir, Bupati Inhil ini diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Inhil Said Syarifuddin. Kegiatan Anugerah KI Riau Award 2017 ini juga memberikan penghargaan kepada sejumlah badan usaha lainnya, termasuk partai politik. 

"Transparansi dan keterbukaan informasi akan mencegah terjadinya korupsi di badan-badan publik atau pun di lembaga lainnya," ujar Zufra saat memberikan sambutannya. 

Kemudian menurutnya, transparansi informasi juga akan menyelamatkan aparatur dan badan publik dari kesalahan dan penyelewengan. Karena itu, badan publik yang melakukan keterbukaan informasi akan membuat kepercayaan masyarakat meningkat kepada badan publik tersebut. 

"Bagi badan publik seperti BUMD, perangkat pemerintahan, atau kementerian yang melakukan keterbukaan informasi, tingkat kepercayaan masyarakat akan ikut naik kepada mereka," harapnya. 

Ada pun saat pemberian anugerah KI Award ini diberikan secara bergiliran, dimulai dari komisioner KI Pusat, Cecep Suryadi, Ketua KI Riau Zufra Irwan berserta anggota Komisioner Tatang Yudiansyah dan Alnofrizal. 

‎Berikut para juara keterbukaan informasi publik dalam ajang KI Riau Award 2017 sesuai kategori dan urutan pemenang. Untuk kategori kabupaten/kota: Yakni, juara pertama Indragiri Hulu, kedua Bengkalis Serta ketiga Pekanbaru. 

Kemudian ‎kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Riau Pemenang pertama RSUD Arifin AchmaD, kedua Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta ketiga Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik). 

Ada pun untuk Kategori BUMD: Pertama adalah PT Bumi Siak Pusaka (BSP), kedua PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida), Ketiga Permodalan Ekonomi Rakyat (PER). 

Untuk kategori Perguruan Tinggi: Pertama diberikan kepada Universitas Riau (UR), kedua adalah Universitas Lancang Kuning (Unilak). Sementara untuk kategori Partai Politik, juara pertama PKB, kedua Nasdem Serta ketiga PPP. 

Untuk Kategori Khusus, Pertama, Gubernur Riau, H Ars‎yadjuliandi Rachman sebagai pelopor integritas dan transparansi informasi publik provinsi Riau. Kedua Bupati Indragiri Hilir sebagai pelopor keterbukaan informasi publik pemerintah desa. Ketiga, Perkumpulan FITRA sebagai penggerak transparansi informasi publik provinsi Riau.(hil12)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.