INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN HILIR - Bupati Inhil H Muhammad Wardan meresmikan kegiatan Bantuan Dana Investasi Kota Tanpa Kumuh (BDI KOTAKU) 2017, Selasa (2/1/18). 

Dalam peresmian BDI Kotaku 2017 yang terletak di Lorong Sakura RT 04 RW 02 Kelurahan Tembilahan Hilir, Kecamatan Tembilahan ini dihadiri para pejabat Pemkab Inhil dan masyarakat setempat. 

Bupati Inhil H Muhammad Wardan mengharapkan, keberadaan kegiatan BDI Kotaku 2017 yang dikenal dengan 'Kampung Selfie' ini menciptakan kawasan pemukiman yang bersih dan bebas kumuh. 

"Keberadaan Kampung Selfie ini juga dapat menarik mereka yang datang berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hilir," harapnya. 

Keberadaan kawasan bersih seperti ini juga diharapkan dapat diterapkan di kawasan pemukiman lainnya di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita di depan Kampung Selfie tersebut. 

Tampak jalan kawasan Kampung Selfie ini terlihat asri dan menarik seperti jalan di taman-taman dan dinding rumah warga dihiasi dengan mural yang unik dan menarik warga untuk berphoto-maka dinamakan Kampung Selfie

Diketahui, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) merupakan upaya strategis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya, dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dan memperkuat peran Pemerintah Daerah dalam percepatan penanganan kawasan kumuh serta mendukung gerakan 100-0-100 di perkotaan pada tahun 2016-2020. 

Program ini di-launching pada bulan April tahun 2016 menggunakan sinergi platform kolaborasi antar pemangku kepentingan di tingkat Pusat dan Kabupaten/Kota serta menjadikan Pemerintah Daerah sebagai nakhoda dalam penanganan kumuh. 

Program Kotaku yang terdiri atas National Slum Upgrading Program (NSUP) dan Neighborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) bertujuan untuk meningkatkan kualitas kawasan permukiman kumuh dan peningkatan penghidupan di 271 kota/kabupaten.(kom01)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.