INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Kehadiran ritel modern menjadi kompetitor bagi pasar tradisional yang selama ini sudah ada. Hal mengharuskan pasar tradisonal atau pasar rakyat harus berbenah, agar pasar rakyat dapat tetap eksis di tengah masyarakat. 

Pernyataan ini disampaikan Asisten 2 Sekdakab Inhil Afrizal saat menghadiri syukuran penempatan Pasar Kayu Jati Tembilahan Hulu, Senin (9/4/18). Pasar ini dibangun melalui Dana Tugas Pembantuan APBN Kementerian Perdagangan RI Tahun 2017. 

"Pentingnya keberadaan pasar rakyat karena pasar rakyat merupakan sarana jual beli bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta tempat transaksi perdagangan bagi petani dan nelayan di daerah dalam menjual hasil produknya," ungkap Afrizal. 

Ditambahkan, sebagai kabupaten yang memiliki komitmen terhadap pembangunan ekonomi serta dalam rangka mewujudkan salah satu misi meningkatkan daya beli masyarakat, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah menyusun berbagai program dan kebijakan ke arah misi tersebut, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Di samping kehadiran pasar rakyat merupakan wadah bertemunya para penjual dan pembeli dalam pembelian barang kebutuhan pokok dimana harga yang dibentuk merupakan hasil dari tawar-menawar para penjual dan pembeli dalam tataran sebagai penggerak roda ekonomi masyarakat. Perlu digarisbawahi pula, pasar rakyat berfungsi strategi dan memiliki kedekatan dengan aspek sosial dan budaya masyarakat setempat. 

Aspek inilah yang menjadi nilai tersendiri bagi pentingnya keberadaan pasar rakyat di tengah masyarakat di daerah. Karena fungsi strategi itulah maka keberadaan pasar rakyat perlu dikembangkan secara komprehensif dan holistic sehingga dapat meningkatkan daya saing ditengah banyaknya kehadiran ritel modern. 

Hasil pembangunan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah pusat untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Saya berharap kepercayaan dan bantuan yang diberikan pemerintah pusat selama ini dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai maksud dan tujuan dari bantuan pembangunan pasar ini. 

Di samping pemanfaatan sarana dan prasarana bangunan yang ada, beliau juga berpesan perlu pengelolaan pasar yang baik, sebab revitalisasi pasar rakyat bertujuan tidak hanya pada tataran aspek membangun dan memperbaiki sarana dan prasarananya saja, tetapi juga dalam hal melakukan perbaikan pada aspek manajemen pengelolaan pasar secara profesional, aspek ekonomi dan aspek sosial. 

Membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan lingkungan, ketertiban dan keamanan serta taat pada kewajiban yang telah ditentukan, perlu ditanamkan bagi setiap pihak yang terkait dengan keberadaan pasar ini, baik pengelola, pedagang serta pembeli. 

"Sehingga kedepan keberadaan Pasar Kayu Jati Tembilahan Hulu ini mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi lokal di daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan diadakannya otonomi daerah," harapnya.(kom04)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.